PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104238 TELAGA SARI KEC. TANJUNG MORAWA T.P. 2022/2023

SIHITE, FRANSISKA, 1905030199 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104238 TELAGA SARI KEC. TANJUNG MORAWA T.P. 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (184kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning di kelas V SDN 104238 Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 16 orang dan 16 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian adalah tes hasil belajar berupa uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 85,62 di kelas eksperimen dan rata-rata 74,06 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 diperoleh t_(hitung )= 4,008 > t_(tabel )= 2,042 dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Model Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 104238 Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning, Learning Outcomes, science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, S.Pd., M.Pd, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan,M.PD, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 10026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FRANSISKA SIHITE
Date Deposited: 30 Jun 2023 07:59
Last Modified: 30 Jun 2023 07:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item