PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED READING, AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKSI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DI KELAS V SD NEGERI 105319 LIMAU MUNGKUR TAHUN AJARAN 2022/2023

TARIGAN, ADE VERONIKA BR, 1905030036 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED READING, AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKSI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DI KELAS V SD NEGERI 105319 LIMAU MUNGKUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (975kB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text
BAB II ade.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik teks cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023, untuk mengetahui kemampuan siswa tidak menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur yang terdiri dari dua kelas, pada kelas V-A berjumlah 22 siswa dan pada kelas V-B berjumlah 22 siswa. Dengan kelas V-A sebagai kelas control dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka adalah dengan menggunakan tes soal uraian. Diperoleh kemampuan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur diperoleh nilai 78,18 berkategori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model materi unsur intrinsik berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur diperoleh 64,9 berkategori cukup mampu. Terdapat pengaruh signifikan menggunakan model pembelajaran CIRC materi unsur intrinsik dalam cerita pendek kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Influence of the CIRC Learning Model, Intrinsic Elements of Short Stories.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 0010026601
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ADE VIONIKA BR TARIGAN
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:27
Last Modified: 30 Jun 2023 08:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item