TARIGAN, ADE VERONIKA BR, 1905030036 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED READING, AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKSI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DI KELAS V SD NEGERI 105319 LIMAU MUNGKUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (975kB) |
|
Text
ABSTRAKK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (662kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (580kB) |
|
Text
BAB II ade.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (649kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (156kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik teks cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023, untuk mengetahui kemampuan siswa tidak menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) oleh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur yang terdiri dari dua kelas, pada kelas V-A berjumlah 22 siswa dan pada kelas V-B berjumlah 22 siswa. Dengan kelas V-A sebagai kelas control dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka adalah dengan menggunakan tes soal uraian. Diperoleh kemampuan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur diperoleh nilai 78,18 berkategori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model materi unsur intrinsik berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur diperoleh 64,9 berkategori cukup mampu. Terdapat pengaruh signifikan menggunakan model pembelajaran CIRC materi unsur intrinsik dalam cerita pendek kelas V SD Negeri 105319 Limau Mungkur.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Influence of the CIRC Learning Model, Intrinsic Elements of Short Stories. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ADE VIONIKA BR TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2023 08:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2023 08:27 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |