PENGARUH MODEL WORD SQUARE DENGAN BERBANTUAN MEDIA MAQIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHORT.P 2022/2023

TANJUNG, HAIRUN NISYA, 1905030229 (2023) PENGARUH MODEL WORD SQUARE DENGAN BERBANTUAN MEDIA MAQIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHORT.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul nisya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
abstrak nisya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB)
[img] Text
bab 1 nisya (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
bab 2 nisya..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB)
[img] Text
bab 3-5 nisya..pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (871kB)
[img] Text
daftar pustaka nisya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
lampiran nisya..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Word Square di SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor pada tanggal 18 sampai 21 April sebagai objeknya adalah siswa kelas IV-A berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen penelitian yaitu tes essai yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas IV-A= 37,25, dan kelas IV-B= 38,40. Setelah dilaksanakan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas IV-A tanpa menggunakan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Maqic Box dan kelas IV-B dengan menggunakan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Maqic Box maka diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas IV-A = 53,5 dan kelas IV-B = 92,22. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor Chi Kuadrat dengan hasil taraf signifikan α = 0,05 diperoleh X2hitung = 38,18 X2tabel (0,95)(2) = 5,99. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran word square berbantuan media maqic box terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA dikelas IV SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2022/2023 sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Word Square Model, Maqic Box Learning Outcomes, Word Square Model, Maqic Box
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, M,Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IILASMA MELINDA SIAHAAN, M,Silasmamelindasiahaan@yahoo.co.idNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HAIRUN NISYA TANJUNG
Date Deposited: 01 Jul 2023 03:07
Last Modified: 01 Jul 2023 03:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item