PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 068008 SIMALINGKAR A TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ANJELINA, MIA, 1905030187 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 068008 SIMALINGKAR A TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (760kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS Materi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya Di Indonesia SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS Materi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan Instrument penelitian ini adalah Tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IVA 80 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan model Snowball Throwing dan kelas IVB 67 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Snowball Throwing di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dk = (2-1)(3-1)=2 di dapat x2 (0,95)(2) =5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence, Snowball Throwing, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Sejahtra, M.Pdsejahtra021@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd,M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MIA ANJELINA
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:21
Last Modified: 30 Jun 2023 09:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item