PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2022/2023

SEMBIRING, AGPIN RISURA, 1905030272 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (728kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran PKn Model Contextual Teaching And Learning di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2022/2023 (2); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2022/2023 (3); untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2022/2023. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Sampel siswa kelas IV sebanyak 2 kelas berjumlah 29 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata rata tes akhir siswa diperoleh 81, 37 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 71,07. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas eksperimen dan Konvensional kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t_hitung ˃ t_tabel 7,862 ˃ 2,002 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn di kelas IV SD N 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Contextual Teaching And Learning (CTL), Civic Education
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, S.Pd.,M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDr.Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AGPIN RISURA SEMBIRING
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:10
Last Modified: 30 Jun 2023 09:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item