RAMAYANI, ADELLA FEBRI, 1905030203 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS V SD NEGERI 068008 SIMALINGKAR A TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (712kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (97kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (184kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (228kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (94kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Menulis Argumentasi di kelas V SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Menulis Argumentasi di kelas V SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Menulis Argumentasi di kelas V SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan test dengan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 068008 Simalingkar A dengan jumlah populasi 54 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CIRC, dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model CIRC di kelas VA memperoleh nilai 80, sedangkan yang hanya menggunakan model konvensional memperoleh nilai 67. Dengan demikian dapat dinyatakan model pembelajaran CIRC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri 068008 Simalingkar A Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Effect of Teacher's Teaching Creativity on Writing Ability | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ADELLA FEBRI RAMAYANI | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2023 09:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2023 09:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1852 |
Actions (login required)
View Item |