PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 064025 JL.FLAMBOYAN MEDAN T.P 2022/2023

SIPAYUNG, ERWAN PANGIHUTAN, 1905030245 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 064025 JL.FLAMBOYAN MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (630kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (645kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi suhu dan perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dan Pembelajaran Konvensional di kelas V SDN 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan T.P 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan T.P 2022/2023 pada tanggal 21 - 24 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas V- A dan V- B dengan jumlah siswa di kelas V- A ada 28 orang dan kelas V- B ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas V- A adalah 63,25 dan rata–rata hasil tes awal kelas V- B adalah 65,33.Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V- A dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction rata-rata hasil belajar siswa 76,13 dan pada kelas V- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata– rata hasil belajar 68,04. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan model Direct Instruction dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xhitung (X2) = 10,94 > Xtabel =9,49. Maka ditolak dan diterima artinya ada pengaruh dari model pembelajaran Direct Intruction terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Model, Direct Instruction.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHOTMA TIOLINA SIREGAR, M.PdTiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
UNSPECIFIEDMUHAMMAD DAHLIANI, S.PD., M.SiMddaniboysgmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ERWAN PANGIHUTAN SIPAYUNG
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:52
Last Modified: 30 Jun 2023 08:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item