PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR (ROTAR) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 067246 MEDAN T.P 2022/2023

PA, SAFIRA LESTARI BR, 1905030053 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR (ROTAR) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 067246 MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
BAB I Safira Lestari Br Pa yg Benar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
BAB II Safira Lestari yg Benar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (706kB)
[img] Text
Bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA benar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[img] Text
Lampiran Safira.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran roda putar dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran roda putar (rotar) pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas V SD Negeri 067246 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research anda develompent/ R & D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Observasi bertujuan untuk mengumpulkan data awal tentang proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang ada disekolah dan wawancara sebagai acuan terkait analisis kebutuhan dan bahan pertimbangan dalam melihat kepraktisan produk yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran roda putar (rotar) dilihat dari hasil keseluruhan validator materi dan validator media yang termasuk dalam kriteria “sangat valid” dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Serta kepraktisan dapat dilihat melalui penilaian guru kelas V SD dan angket respon siswa kelas V SD dengan kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Penelitian ini dapat disimpulan sebagai berikut media pembelajaran roda putar (rotar) dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan untuk pembelajaran IPA materi ekosistem. Adapun hasil keseluruhan dari validator media dan vailidator materi dengan nilai 86,25% dan hasiil keseluruhan dari penilaian guru kelas dan siswa kelas V SD dengan nilai 88,24%. Untuk itu disarankan dalam penelitian ini, agar media pembelajaran roda putar (rotar) dapat digunakan sebagai salah satu media yang diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ecosystem, Rotar Learning Media, Development
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddedisimbolon311@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIRita Herlina Br PA, S.Pd., M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SAFIRA LESTARI BR PA
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:08
Last Modified: 30 Jun 2023 09:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item