PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA T.P 2022/2023

PANE, AFRIA MADDALENA, 1905030009 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover skripsi Afria maddalena pane (19005030009).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (683kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Afria maddalena pane (1905030009).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB I skripsi Afria maddalena pane (1905030009).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
BAB II skripsi Afria maddalena pane (1905030009).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
BAB III, IV, V SKRIPSI REAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi real.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran skripsi real.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Internet sebagai sumber belajar, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan buku paket sebagai sumber belajar, dan pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060903 Medan Helvetia pada tanggal 14 April sampai 15 April. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dang V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah test essay sebanyak 4 soal, sebelum kedua kelas diberikan soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata pre test kelas V-A yaitu 19.58 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 22.36. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar yaitu 81.18 dan nilai kelas V-B dengan menggunakan buku paket sebagai sumber belajar yaitu 75.70. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Hasil data post test pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A (Internet sebagai sumber belajar) dan kelas V-B (Buku paket sebagai sumber belajar diperoleh kelas V-A dan V-B yaitu nilai x_{hitung}^2\ =\ 4.492 dan x_{(1-\alpha)(B-1)(K-1)}^2\ =\ 5.99 karena x_{hitung}^2\ <\ x_{(1-\alpha)(B-1)(K-1)}^2 maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internet, Learning Resources, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, S.Pd.,M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AFRIA MADDALENA PANE
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:03
Last Modified: 30 Jun 2023 13:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item