PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023

BANGUN, HELEN BR, 1905030151 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
ABSTRAK HELEN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB)
[img] Text
Bab III-V Skripsi .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Kwala Bekala Medan pada kelas VA semester II tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-Experimen atau pra eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes non-objektif (uraian). Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VA SDN 060934 Kwala Bekala. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 57,10 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test adalah 82,55 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Series Picture, Writing Skill, Narrative
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. GEMALA WIDIYARTI, S.Sos.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd.,M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HELEN BR BANGUN
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:08
Last Modified: 30 Jun 2023 13:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item