PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101831 BINTANG MERIAH KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GINTING, REKA PUTRI BR, 1905030160 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101831 BINTANG MERIAH KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (803kB)
[img] Text
ABSTRACK SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB I REKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (126kB)
[img] Text
BAB II REKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
Bab III-V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenbangkan media. scramble pada pembelajaran IPS di Sd Negeri 101831 Bintang Meriah . Yang memenuhi kriteria sangat valid dan praktis .model pengembangan yang di gunakan yaitu meliputi perancangan (Planning), Produksi (production) dan Evaluasi (evaluation). Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap perancangan sampai pada tahap evaluasi. Jumlah siswa di dalam kelas 32 peserta didik pada kelas III Sd Negeri 101831 Bintang Meriah. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan media Scramble yang di kembangkan ini dengan membagikan angket penilaian oleh ahli media dan ahli materi terhadap media yang akan di kembangkan, dan membagikan angket respon siswa terhadap media Scramble yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 91,07% dengan kategori sangat layak digunakan dan dapat di uji cobakan hasil validator ahli materi diperoleh presentase 91,67% dengan kategori sangat layak diguanakan dan dapat du uji cobakan terhadap media tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai keperaktisan terhadap media tersebut yang di uji cobakan kepada siswa kelas III Sd Negeri 101831 Bintang meriah memperoleh nilai sebesar 3,84 dan respon guru sebesar 4,5

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, practicality, validity
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. ULFAH SARI REZEKI, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN . 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: REKA PUTRI BR GINTING
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:24
Last Modified: 30 Jun 2023 09:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item