PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 105268 TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023

GINTING, DESSI RAMADANI BR, 1905030108 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 105268 TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (864kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (952kB)
[img] Text
BAB III SAMPAI BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (680kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1 SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negri 105268 Telaga Sari Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian Instrument penelitian tes pilihan berganda 10 soal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran card sort dan kelas kontrol pembelajaran tanpa model card sort, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bagian – bagian tumbuhan dan fungsinya menggunakan model pembelajaran card sort diperoleh nilai rata-rata 84,5 kategori baik dan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran card sort diperoleh nilai rata-rata 48,78 kategori kurang baik maka ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran card sort terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 105268 Telaga Sari Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dilihat dari uji data akhir kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, maka dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil akhir kedua kelas yaitu t_(tabel )(91,845 > 61,99) yang artinya H_o Ditolak dan H_a direrima. Maka kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran card sort terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negri 105268 Telaga Sari Kecamatan Sunggal Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Card Sort Learning, Activity, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDMuhammad Daliani, S.Pd.,M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
UNSPECIFIEDMaria Kristina Situmorang, SE.,M.Simaryakristina89@gmail.comNIDN. 0107018804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESI RAMADANI BR GINTING
Date Deposited: 30 Jun 2023 12:52
Last Modified: 30 Jun 2023 12:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item