PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN NO. 101820 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GINTING, MARIANI KASA BR, 1905030141 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN NO. 101820 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Quality.

[img] Text
SAMPUL 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)
[img] Text
BAB I 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
BAB II 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (564kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (849kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN 30 juni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan menggunakan Media Pop Up Book dan pembelajaran tanpa Media Pop Up Book pada Materi Pengaruh Kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda di kelas V SDN No. 101820 Pancur Batu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design dan instrument penelitian ini adalah tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB yang berjumlah 40 orang terdiri dari 20 orang kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 orang kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas VA 78,5 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan Media Pop Up Book dan kelas VB 55 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Media Pop Up Book dikelas eksperimen dan pembelajaran tanpa Media Pop Up Bookkelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dk = (2-1)(3-1)=2 di dapat x2 (0,95)(2) =5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pop up book yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN No. 101820 Pancur Batu, Kecamatan Pancur Batu, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran , Pop Up Book

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Media, Pop Up Book ​
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Dailani, S.Pd, M.Simddaniboys@gmail.comNIDN 0128088804
Pembimbing IIVina Maria Ompusunggu, S.Sos. MSPvinaompusunggu@gmail.comNIDN 0107038901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MARIANI KASA BR GINTING
Date Deposited: 30 Jun 2023 12:55
Last Modified: 30 Jun 2023 12:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item