PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105268 TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023

SEMBIRING, DELIANA BR, 1905030112 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105268 TELAGA SARI KECAMATAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (860kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esay sebanyak 5 soal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol pembelajaran tanpa model Discovery Learning, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata 77,00 kriteria baik dan pembelajaran tanpa model Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata 51,37 kriteria kurang baik maka ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2022/2023 yang dilihat dari uji data akhir kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, maka dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil akhir kedua kelas yaitu t_(hitung)=7,428 dan t_tabel^ =1,672 dengan ketentuan jika t_(hitung) ˃ t_(tabel )^ maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Discovery Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
Pembimbing IIDr.Ulfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pdulfahsari@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DELIANA BR SEMBIRING
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:26
Last Modified: 30 Jun 2023 13:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item