PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

PA, DEVI SILVIA, 1905030032 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
Abstrak Devi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)
[img] Text
BAB 1 Devi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2 Devi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB)
[img] Text
BAB 3-5 Devi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (981kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
Lampiran Devi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian yang dilakukan ini ialah untuk mengetahui bagaimana minat dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audio visual dan dibandingkan dengan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Minat belajar siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media audio visual. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata, dimana minat belajar pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 62,57 sedangkanpada minat belajar kelas kontrol berada pada nilai rata-rata 56,76. Hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media audio visual. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata, dimana hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki nilairata-rata 83,79 sedangkan pada hasil belajar kelas kontrol berada pada nilai rata-rata 67,67. Media audio visual berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t= 2,844 yang nilainya lebih besar dari ttabel=1,672. Media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t=7,198 yang nilainyalebih besar dari ttabel=1,672.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Interest, Learning Outcomes, Audio Visual Media
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
UNSPECIFIEDRINCI SIMBOLON, S.Pd M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVI SILVIA BR PA
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:01
Last Modified: 30 Jun 2023 13:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item