PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU KELAS V SDNEGERI 106143 SUKAMAJU KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2022/2023

ARFA, SALSA DINIL, 1905030082 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU KELAS V SDNEGERI 106143 SUKAMAJU KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover DINIL123 _merged.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTARK AJA SALSA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (783kB)
[img] Text
BAB I YES.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (369kB)
[img] Text
BAB II YES.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
bab III-V salsa.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1_1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN SALSA BARU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (758kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Interaktif, hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Kelas V SD Negeri 106143 Sukamaju Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre tes dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106143 Sukamaju Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 106143 Sukamaju yang berjumlah 42 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol denga jumlah 22 siswa dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 10 soal. Hasil nilai rata-rata pre test siswa kelas V-A yaitu 45 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 53. Setelah kedua kelas dilaksnakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan Konvensional yaitu 51 dan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif yaitu 70. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunkan model pembelajaran Interaktif lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunkan pembelajaran konvensional. Hasil data post test, pengujian hipotesis menggunkan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A (Pembelajaran Konvensional) dan kelas V-B (Model Pembelajaran Interaktif) diperoleh kelas V-A dan kelas V-B yaitu nilai x2hitung = 18,20 dan x2(I-a){(B-I) (K-I)} = 5,99 karena x2hitung > x2(I-a)(B-I)(K-I) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Kelas V SD Negeri 106143 Sukamaju Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Ability, Talking Stick learning model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddedisimbolon311@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SALSA DINIL ARFA
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:35
Last Modified: 30 Jun 2023 13:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item