PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROFOAM PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA/I KELAS III SD HKBP PAGAR JATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SINAGA, INDAH FLORENCIA, 1905030066 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STYROFOAM PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA/I KELAS III SD HKBP PAGAR JATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover indah florencia sinaga.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SDS HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam tanpa menggunakan media pembelajaran Styrofoam, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SDS HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam dengan menggunakan media pembelajaran Styrofoam, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Styrofoam yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SDS HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen. Quasi eksperimen (Eksperimen-kuasi) merupakan satu eksperimen yang menempatkan satu unit (satu kelas) eksperimen kedalam kelompok eksperimen dan kontrol tidak dilakukan secara acak. Adapun rancangan eksperimen kuasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan satu kelompok praperlakuan dan pasca perlakuan (One-grup pretest-posttest design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SD Swasta HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam tanpa penggunaan media styrofoam yaitu diperoleh rata-rata sebesar 51,33. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SD Swasta HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam dengan penggunaan media styrofoam yaitu diperoleh rata-rata sebesar 80. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. Terdapat pengaruh penggunaan media styrofoam yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SD Swasta HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam terbukti dengan analisis Statistik Uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,585. Sedangkan untuk nilai t tabel sebesar 2,144 yang berarti bahwa t hitung > t tabel yaitu 7,585 > 2,144. Hal ini menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media styrofoam yang signifikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas III SD Swasta HKBP Pagar Jati Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Styrofoam Media, Conventional Method, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd., M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIRenato Gemha Hutabarat, S.Pd., M.Pdrenatohutabarat84@gmail.comNIDN. 106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: INDAH FLORENCIA INDAH FLORENCIA SINAGA
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:11
Last Modified: 01 Jul 2023 04:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item