PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104212 KECAMATAN PATUMBAK T.P 2022/2023

SINAGA, TRIAGRIPA FLORENTINA, 1905030114 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104212 KECAMATAN PATUMBAK T.P 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Quality.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (571kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (379kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran. penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104212 kecamatan Patumbak. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan kelas IV-A sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan tes berupa soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) diperoleh nilai rata-rata 55,55. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai ratarata 48,85. (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan mo del pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 104212 kecamatan Patumbak Tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDRUPINA MAGDALENA TARIGAN, S.Pd.,M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
UNSPECIFIEDTINA SHEBA CORNELIA SITOMPUL, S.Pd.,M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRI ANGRIPA SINAGA
Date Deposited: 01 Jul 2023 03:51
Last Modified: 01 Jul 2023 03:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item