SAFITRI, ELVINA, 1905030081 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP LITERASI MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER ELVINA SAFITRI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (373kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (271kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (385kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (334kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (663kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (94kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap literasi membaca cerpen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Kwala Bekala, Medan pada kelas IV-a dan kelas IV-b semester II tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimendengan dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 siswa. Instrument penelitian ini berupa tes uraian dan tes membaca. Teknik analisis data menggunakan bantuan program excell. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media gambar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Bekala Medan. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test kelas eksperimendiperoleh nilai rata-rata yaitu 25,24dan pre-test kelas kontrol di peroleh nilai rata-rata yaitu 25,12 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 85,84dan post-test kelas kontrol yaitu 79,68 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Image Media, Short Story Reading Literacy, Indonesian Language Learning | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ELVINA SAFITRI | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2023 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2023 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1894 |
Actions (login required)
View Item |