PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP LITERASI MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SAFITRI, ELVINA, 1905030081 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP LITERASI MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER ELVINA SAFITRI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (663kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (94kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap literasi membaca cerpen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Kwala Bekala, Medan pada kelas IV-a dan kelas IV-b semester II tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimendengan dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 siswa. Instrument penelitian ini berupa tes uraian dan tes membaca. Teknik analisis data menggunakan bantuan program excell. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media gambar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Bekala Medan. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test kelas eksperimendiperoleh nilai rata-rata yaitu 25,24dan pre-test kelas kontrol di peroleh nilai rata-rata yaitu 25,12 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 85,84dan post-test kelas kontrol yaitu 79,68 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Image Media, Short Story Reading Literacy, Indonesian Language Learning
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pd, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIRestio Sidebang S.Pd, M.Pd, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELVINA SAFITRI
Date Deposited: 01 Jul 2023 02:33
Last Modified: 01 Jul 2023 02:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item