PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN 060933 JLN PINTU AIR II KWALA BEKALA, KEC. MEDAN JOHOR T.A 2022/2023

PURNOMO, RIZKY, 1905030220 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN 060933 JLN PINTU AIR II KWALA BEKALA, KEC. MEDAN JOHOR T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL RIZKY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (948kB)
[img] Text
ABTRAK RIZKY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)
[img] Text
BAB I RIZKY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB)
[img] Text
BAB II RIZKY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (799kB)
[img] Text
BAB III-V RIZKY.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN RIZKY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yaitu 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD Negeri 060933 Kwala Bekala, kecamatan Medan Johor T.A 2022/2023, 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA Siklus Air Sederhana, dan 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Siklus Air di kelas V SD Negeri 060933 Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor T.A 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060933 Kwala Bekala, kecamatan Medan Johor T.A 2022/2023. Sebagai Populasi adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB dengan jumlah siswa kelas IVA 22 orang dan Kelas IVB ada 22 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Dari analisis data dan hipotesis; (1) diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi siklus air berdasarkan potensi alam di kelas V-A SDN 060933 Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor diperoleh nilai rata-rata adalah 78,18. (2) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi siklus air berdasarkan potensi alam di kelas V-A SDN 060933 Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor diperoleh nilai rata-rata adalah 64,09. (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air Kelas V SDN 060933 Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model¸ Science Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN. 110058507
UNSPECIFIEDDr Muhammad Yunus Nasution, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0108028204
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RIZKY PURNOMO PURNOMO
Date Deposited: 01 Jul 2023 03:17
Last Modified: 01 Jul 2023 03:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item