EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HERMANSA, AGUSTIAN, 1505020013 (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (856kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (917kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa,ketercapaian tujuan pembelajarn khusus (TPK),pelaksanaan model pembelajaran,respon siswa,dan keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKn pokok bahasan demokrasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKn pokok bahasan demokrasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, tes pilihan berganda sebanyak 10 soal dan angket berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, pelaksanaan pembelajaran, dan respon siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diperoleh deskripsi kegiatan observasi guru sangat baik dan siswa berkriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 81,20 sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 74, serta yang tuntas secara individu 27 orang secara klasikal 90%, dan respon siswa 76,66%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Si-NIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:50
Last Modified: 20 Jan 2021 08:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item