EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN POKOK BAHASAN KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP DHARMA WANITA PEMWILDASU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PANGGABEAN, SALOMO FRENDOS, 1405020005 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN POKOK BAHASAN KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP DHARMA WANITA PEMWILDASU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (966kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Dharma Wanita Pemwildasu Medan dengan jumlah siswa 30 orang dan objek penelitian penggunaan model pembelajaran Jigsawpada mata pelajaran PPKn materi Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : tes hasil belajar sebanyak 27 atau 90% siswa yang tuntas dan terdapat 3 atau 10% siswa yang tidak tuntas belajar. Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) diperoleh 2 indikator, adapun ketercapaian TPK pada indikator pertama 89,99% atau telah tuntas dan indikator kedua 85,33% atau telah tuntas. Presentase Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) secara keseluruhan mencapai 87,66% atau telah tuntas. Berdasarkan hasil lembar observasi guru mencapai 77% atau kategori baik dan pada observasi kegiatan siswa 80% atau kategori baik. Respon siswa diperoleh 14 siswa tergolong kategori sangat positif, 11 siswa tergolong kategori positif, 4 siswa tergolong kategori kurang positif, dan 1 siswa tergolong kategori tidak positif. Dengan demikian respon siswa mencapai presentase 83,33% atau kategori positif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Si-NIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:55
Last Modified: 23 Feb 2021 03:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item