EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNTHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PANDIA, RAMADANI BR SEMBIRING, 1505020010 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNTHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (878kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII SMP Negeri 1 Munthe Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Munte dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian yaitu efektivitas model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran PPKn pokok bahasan Keberagaman Suku. Untuk instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan angket.Jenis penelitian yaitu PTK. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran sebagai berikut : 1) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 88% (tuntas), 2) TPK secara keseluruhan mencapai 80.5% (tercapai), 3) Pelaksanaan perbaikan pembelajaran aktivitas guru berkategori baik dengan nilai 80% dan aktivitas siswa berkategori baik dengan nilai 80, 4) Respon siswa terhadap perbaikan pembelajaran positif dengan persentase 73%, 5) Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada pelajara PPKn adalah efektif, dengan rincian : a) Hasil belajar secara klasikal tuntas 88%, b) TPK telah tercapai, c) Pelaksanaan Pembelajaran berkategori baik 80% (aktivitas guru) dan baik 80 (aktivitas siswa), d) Respon siswa berkategori positif (73%).

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Learning Models Make a Match, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Department: Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Feb 2020 08:01
Last Modified: 10 Feb 2021 06:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item