PENGARUH METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN TUNTUNGAN

BANGUN, YOHANA BR, 1905030007 (2023) PENGARUH METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067246 MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
caver yohana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB I yohana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (304kB)
[img] Text
BAB II yohana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (475kB)
[img] Text
BAB III - 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. yo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran yohana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Metode Role Playing (bermain peran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 orang siswa yakni seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067246 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan metode role playing. Kelas IVB sebagai kelas kontrol yang di ajarkan secara konvensioal. Teknik pengambilan data penelitian adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay test. Analisis data mengunakan uji prasyarat ( normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dapat dilihat dari X ̅, kelas eksperimen 82,00 dan X ̅ kontrol 67,17. Data post test dengan uji lilifors kelas eksperimen di peroleh L0 = 0,1469 < L(0.05)(20) = 0.190 untuk a = 5% dari jumlah siswa 20, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan Metode Role Playing (bermain peran) berdistribusi normal. Dan data hasil belajar kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional yang diuji kenormalannya dengan uji lilliefors diperoleh L0 = 0,0946 < L(0.05)(23) = 0,1798 untuk a = 5% dari jumlah siswa 23, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Konvensional berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga F = 1,1128 < F(0.05)(21)(19)= 1,939 untuk a = 5%, n1 = 20 n2 = 23. Maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar kelas yang diajar dengan Metode Role Playing (bermain peran) dan kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional mempunyai Varians yang homogen. Dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan rumus uji independen antara dua faktor data hasil belajar kelas yang diajar dengan Metode Role Playing (bermain peran) dang kelas yang diajar dengan Konvensional, sehingga diperoleh hasil x2 = 13,87 > = 5,99 karena x2 > maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Role Playing (bermain peran) terhadap hasil belajar IPS materi Masalah Sosial di kelas IV SD Negeri 067246 Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Playing Method (role playing), social studies learning outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITINA SHEBA CORNELIA SITOMPUL, M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN 0120058705
UNSPECIFIEDSEJAHTRA,, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN 17096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YOHANA Br BANGUN
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:36
Last Modified: 07 Jul 2023 07:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item