PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS IV SD NEGERI 040521 SINAMAN KECAMATAN BARUS JAHE 2022/2023

SITEPU, WAHYU PRANANTA, 1905030224 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS IV SD NEGERI 040521 SINAMAN KECAMATAN BARUS JAHE 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar media pembelajaran Pop Up Book, konvensional dan pengaruh signifikan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 Sinaman Kecamatan Barus Jahe T.P 2022/2023. Sampel yang dipilih 32 siswa. jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design yang menggunakan 2 kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran Pop Up Book dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. teknik pengumpulan data melalui Pre-Test dan Post-Test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes Essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 sinaman yaitu 0,03 Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata Pre-Test dan Post-Test, adapun rata-rata yang diperoleh siswa saat Pre-Test kelas IV-A ialah 26,18 dan kelas IV-B ialah 21,99. Hasil tersebut menyatakan bahwa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada kegiatan Post-Test Eksperimen kelas IV-A dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book, rata-rata yang diperoleh yaitu 77,35 dan kelas IV-B konvensional, rata-rata yang diperoleh yaitu 59,71 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 Sinaman.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Pop Up Book, Learning Outcomes, Science
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal Togatorop, M.PdJainaltogatorop@gmail.comNIDN. 0124028702
Pembimbing IIDrs. Hartono Sembiring, M.PdHartonosembiring@gmail.comNIP. 8918130021
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: WAHYU PRANANTA SITEPU
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:25
Last Modified: 07 Jul 2023 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item