PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIET BOOK BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA SAYANG LINGKUNGAN KELAS II SDN 050581 PUNGAI PSR 8 LANGKAT T.P 2023/2024

PURBA, YEHOVAH NISSI, 2005030113 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIET BOOK BERBASIS POWER POINT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA SAYANG LINGKUNGAN KELAS II SDN 050581 PUNGAI PSR 8 LANGKAT T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi ketika hujan turun di kelas II SDN 050581 Pungai PSR 8 Langkat. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas II SDN 050581 Pungai PSR 8 Langkat. Subjek penelitian ini kelas II SD sebagai uji coba skala kecil diambil 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 100%, dan tingkat keefektifan media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif dengan persentase yang diperoleh 90%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Quiet Book berbasis Power Point pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 050581 Pungai PSR 8 Langkat sangat valid dan sangat efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Power Point-Based Quiet Book Learning Media, Class II
Subjects: 400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 10026601
Pembimbing IIDr. Frikson Jony Purba, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YEHOVAH NISSI PURBA
Date Deposited: 21 Mar 2024 09:07
Last Modified: 21 Mar 2024 09:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2179

Actions (login required)

View Item View Item