PENGARUH MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN KEC.GALANG T.A 2023/2024

GIRSANG, CLARA CHINTYA, 2005030170 (2024) PENGARUH MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN KEC.GALANG T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER CHINTYA WATERMAKS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
ABSTRAK WATERMARK Chintya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1 WATERMAKS chintya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (126kB)
[img] Text
BAB II WATERMAKS Chintya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)
[img] Text
BAB III-V WATERMAKS Chintya.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMAKS CHINTYA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran CHINTYA watermaks.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (833kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan Model Jigsaw dengan Media Power Point dan pembelajaran Model Jigsaw tanpa menggunakan Media Power Point pada Materi Bagian Tubuh-Tumbuhan dan Fungsinya di Kelas IV SD Negeri 105385 Kotasan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IV-A 90 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan Model jigsaw dengan Media Power Point dan kelas IV-B 84 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Jigsaw dengan Media Power Point di kelas eksperimen dan pembelajaran Model Jigsaw tanpa Media Power Point. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan \alpha\ = 0,05 dan dk (2-1) (3-1) = 2 di dapat Ternyata X^2= 58,06 > x^2 (0,95) (2) = 5,99 Maka H_0 ditolak H_1 diterima. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Jigsaw dengan Media Power Point terhadap hasil belajar IPAS kelas IV Materi Bagian Tubuh tumbuhan dan Fungsinya SD Negeri 105385 Kotasan Kec.Galang T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Model, Power Point Media, Learning Results
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Chintya Clara Girsang
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:51
Last Modified: 27 Mar 2024 02:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item