PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN KEC.GALANG T.A 2023/2024

SINULINGGA, REGINA BR, 2005030098 (2024) PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN KEC.GALANG T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[img] Text
BAB III-V-1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan Model STAD dengan Media Ular Tangga dan pembelajaran model STAD tanpa menggunakan Media Ular Tangga pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas IV SD Negeri 105385 Kotasan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan instrument penelitian tes, sampel penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 55 siswa. Hasil nilai rata-rata tes akhir diperoleh kelas IV-A nilai rata-rata tes akhir sebesar 93 yakni kelas eksperimen yang menggunakan Model STAD dengan Media Ular Tangga dan kelas kontrol yaitu kelas IV-B memperoleh nilai rata-rata tes akhir sebesar 84. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model STAD dengan Media Ular Tangga di kelas eksperimen dan pembelajaran Model STAD tanpa Media Ular Tangga. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk (2-1) (3-1) = 2 di dapat X^2 = 6,35 > x^2 (0,95) (2) = 5,99 Maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model STAD dengan Media Ular Tangga Terhadap hasil belajar IPAS kela IV Materi Kekayaan Budaya Indonesia SD Negeri 105385 Kotasan Kec.Galang T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Snakes and Ladders Media, STAD Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: REGINA BR SINULINGGA
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:54
Last Modified: 27 Mar 2024 02:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item