PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWERPOINT MATERI CIRI- CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III DI SDN 064025 T.P 2023/2024

SIPAHUTAR, KRISTI GUNA, 2005030033 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWERPOINT MATERI CIRI- CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III DI SDN 064025 T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL Guna Watermaks.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB)
[img] Text
ABSTRAK guna Watermaks.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
bab 1 guna watermaks.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)
[img] Text
BAB II 26 maret terbaru (4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (685kB)
[img] Text
BAB III)V WATERMAKS GUNA 26.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK 26 MARET.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN 26 MARET.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dari pengetahuan media pembelajaran IPA berbasis powerpoint dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran IPA berbasis powerpoint di kelas III SDN 064025 Medan Tuntungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model Richey and Klein. Model pengembangan menggunakan 3 tahapan. Tahapan yang dilakukan adalah planning, producsion, evaluation. Pada proses validasi media pembelajaran IPA berbasis powerpoint divalidasi oleh 2 orang dosen validator, yaitu validator media dan validator materi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket bertujuan sebagai referensi terkait kebutuhan analisis dan pertimbangan dalam melihat kevalidan dan kepraktisan media yang dibuat. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil validasi media memperoleh persentase 92,8 % dengan kriteria Sangat Valid. Hasil validasi ahli materi 95, 8 % dengan kriteria Sangat Valid. Dari hasil Kepraktisan oleh guru dan siswa kelas III, guru memperoleh persentse 94, 4 % dengan kriteria Sangat Praktis dan siswa memperoleh persentase 89, 7 % dengan kriteria Sangat Praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis power point pada kelas III SDN 064025 Medan Tuntungan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, PowerPoint- based science learning media, characteristics of living things
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN: 0103118701
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN: 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GUNA KRISTI SIPAHUTAR
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:05
Last Modified: 27 Mar 2024 04:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item