PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA PELAJARAN IPS DI SDS PENUAI MEDAN T.A 2023/2024

SAGALA, SONIA, 2005030292 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA PELAJARAN IPS DI SDS PENUAI MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
Lampiran (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing, 2) Pengaruh hasil belajar siswa tanpa menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing, 3) Pengaruh signifikan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDS Penuai Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian yang dilaksanakan bulan Januari 2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDS Penuai Medan banyaknya 31 orang. Adapun sampel penelitian adalah kelas VA sebanyak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 16 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T independen. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Uji normalitas kelas V-A diperoleh L0<Ltabel (0.05)(15) atau 0,194 < 0,220 untuk signifikan α = 5% dari jumlah siswa 15. Karena L0hitung < Ltabel maka H0 diterima sedangkan Uji normalitas data kelas V-B diperoleh L0 hitung < L0(0.05)(16) atau 0,128 < 0,220 untuk signifikan α =5% dari jumlah siswa 16. Karena L0 < Ltabel maka H0 diterima sehingga data pretest kelas V-B berdistribusi normal. 2). Uji homogenitas pada kelas V-A dan kelas V-B diperoleh F= 1,416 dan F(0,05(14,15) = α 5% . Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis Fhitung < Ftabel posttest kelas V-A dan V-B memliki nilai Fhitung = 1,416 < Ftabel (0,05(14,15) = 2,424 kriteria maka H0 diterima sehingga dinyatakan data posttest kelas V-A dan V-B homogen. 3). Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji T. Sehingga diperolehkan data nilai Postest kelas V-A dan V-B yaitu Thitung = 2,10 dan nilai T tabel = 2.04 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada Pelajaran IPS di SDS Penuai Medan Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence of Learning Models, Snowball Throwing, Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia Sitompul, S.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, S.Pd.,M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SONIA SAGALA
Date Deposited: 01 Apr 2024 09:07
Last Modified: 01 Apr 2024 09:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item