PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT INDRA MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 04557 JUHAR TA. 2023/2024

GINTING, JESSICHA PUTRI BR, 2005030186 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT INDRA MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 04557 JUHAR TA. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (487kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (132kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran audio visual materi alat indra manusia diajar pada mata pelajaran IPA. Dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 040557 Juhar. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat indra manusia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA (eksperimen) sebanyak 24 siswa, yang menggunakan media audio visual dan kelas IVB (Kontrol) yang berjumlah 22 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan media pembelajaran audio visual iyalah 88,47 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 72,72 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat indra manusia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA (eksperimen) sebanyak 24 siswa, yang menggunakan media audio visual dan kelas IVB (Kontrol) yang berjumlah 22 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan media pembelajaran audio visual iyalah 88,47 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 72,72 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat indra manusia menggunakan media audio visual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 040557 Juhar 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IPaska Sri Ulina Br Tarigan, S.Pd M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0116049601
Pembimbing IIDr Dedi Holden Simbolon, S.Si M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Jessicha Putri Br Ginting
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:26
Last Modified: 24 Apr 2024 07:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item