PENGARUH MEDIA DIORAMA DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI LOWOKWARU 4 MALANG TAHUN AJARAN 2023/2024

SITEPU, TRY BION, 2005030302 (2024) PENGARUH MEDIA DIORAMA DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI LOWOKWARU 4 MALANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (933kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (47kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (324kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
BAB III-V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media diorama, video animasi, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama dan video animasi terhadap hasil belajar siswa SDN Lowokwaru 4 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen atau penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Dengan siswa kelas VA sebanyak 28 siswa menjadi kelas eksperimen, menggunakan media diorama. Kemudian kelas VB sebanyak 27 siswa menjadi kelas kontrol, menggunakan media video animasi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh hasil pre test kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata 48,89 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan media diorama maka kelas eksperimen di beri soal post test. Nilai post test yang diperoleh kelas eksperimen dengan rata-rata 85,60 tingkat ketuntasan siswa kelas VA mencapai 89% dan yang tidak tuntas sebanyak 11%. Sedangkan hasil pre test yang diperoleh kelas kontrol dengan rata-rata 54,22 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan media video animasi kemudian kelas kontrol di beri soal post test. Nilai post test yang diperoleh kelas kontrol dengan rata-rata 80,60 tingkat ketuntasan siswa kelas VB mencapai 74,% dan yang tidak tuntas 26%. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan maka memperoleh thitung = 0,7762 dan ttabel yang diperoleh dari hasil interpolasi data tabel t yaitu 1,9972. Maka diperoleh thitung < ttabel (0,7762 < 1,9972) yang artinya H0 ditolak H1 diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan menggunakan media diorama pada hasil belajar siswa kelas V SDN Lowokwaru 4 Malang. Berdasarkan hasil nilai rata-rata Post test yang diperoleh oleh siswa kelas V menggunakan media diorama maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas penggunaan media video animasi. Maka dapat disimpulkan dengan menggunakan media diorama pada saat pembelajaran dapat memeberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan media video animasi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, diorama media, animated video media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd.,M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 0111108901
Pembimbing IIDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRY BION SITEPU
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:28
Last Modified: 04 Apr 2024 06:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item