NAINGGOLAN, TRIA ANJELINA, 2005030231 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI KELAS IV SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (797kB) |
|
Text
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (463kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (329kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (505kB) |
|
Text
BAB 3-5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (771kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (313kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 57 orang, yang terdiri dari kelas IV A berjumlah 31 siswa dan IV B dengan jumlah 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 79,35 dan rata-rata hasil belajar di kelas konvensional 70. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sehingga di peroleh data tes akhir kelas IV A dan IV B thitung = 2,059 > ttabel = 2,004. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Keberagaman Karakteristik Individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes, Civics, Snowball throwing | ||||||||||||
Subjects: | 100 Philosophy. Psychology. Religion 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | TRIA ANJELINA NAINGGOLAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2024 02:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Apr 2024 02:54 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2219 |
Actions (login required)
View Item |