PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI KELAS IV SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024

NAINGGOLAN, TRIA ANJELINA, 2005030231 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DI KELAS IV SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (329kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (771kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keberagaman karakteristik individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 57 orang, yang terdiri dari kelas IV A berjumlah 31 siswa dan IV B dengan jumlah 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 79,35 dan rata-rata hasil belajar di kelas konvensional 70. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sehingga di peroleh data tes akhir kelas IV A dan IV B thitung = 2,059 > ttabel = 2,004. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Keberagaman Karakteristik Individu di kelas IV SD Negeri 064023 Medan Tuntungan tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Civics, Snowball throwing
Subjects: 100 Philosophy. Psychology. Religion
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDrs. Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRIA ANJELINA NAINGGOLAN
Date Deposited: 06 Apr 2024 02:54
Last Modified: 06 Apr 2024 02:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item