PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024

SIANIPAR, NOVITA SARI, 2005030242 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (74kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024. Adapun masalah yang dialami sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA materi perpindahan kalor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Terdiri dari kelas VA dan VB dengan jumlah siswa 54 orang. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu 28 orang siswa kelas VA dan 26 orang siswa kelas VB. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 77,42 dan rata-rata tes akhir di kelas konvensional diperoleh rata-rata 63,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0.05 sehingga diperoleh data Post Test kelas kontrol dan kelas eksperimen t_hitung = 4,10 > t_tabel = 1,6746 karena t_hitung > t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Numbered Head Together, Science.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd.,M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN.0129038101
Pembimbing IIDrs. Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN.102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NOVITA SARI SIANIPAR
Date Deposited: 06 Apr 2024 02:52
Last Modified: 06 Apr 2024 02:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item