SIANIPAR, NOVITA SARI, 2005030242 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (74kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024. Adapun masalah yang dialami sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA materi perpindahan kalor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Terdiri dari kelas VA dan VB dengan jumlah siswa 54 orang. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu 28 orang siswa kelas VA dan 26 orang siswa kelas VB. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 77,42 dan rata-rata tes akhir di kelas konvensional diperoleh rata-rata 63,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0.05 sehingga diperoleh data Post Test kelas kontrol dan kelas eksperimen t_hitung = 4,10 > t_tabel = 1,6746 karena t_hitung > t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Numbered Head Together, Science. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NOVITA SARI SIANIPAR | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2024 02:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Apr 2024 02:52 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2229 |
Actions (login required)
View Item |