PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024

SIAHAAN, AGNES MIRANDA, 2005030199 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover-digabungkan-dikompresi (1) (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[img] Text
Bab I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (785kB)
[img] Text
Bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
Daftra Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media roda putar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V di UPT SDN 064023 Medan Tuntungan T.P 2023/2024; (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media roda putar pada mata pelajaran IPA kelas V di UPT SDN 064023 Medan Tuntungan T.P 2023/2024; (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media roda putar pada peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di UPT SDN 064023 Medan Tuntungan T.P 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah V-A DAN V-B sebanyak 57 siswa. Variabel yang diteliti meliputi: media roda putar dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPA siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media roda putar mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 064023 Medan Tuntungan. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya hasil uji hipotensi dengan rumus uji t yaitu dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,127>2,004) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 064023 Medan Tuntungan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rotary wheel media, learning outcomes, science learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AGNES MIRANDA SIAHAAN
Date Deposited: 06 Apr 2024 02:48
Last Modified: 06 Apr 2024 02:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item