PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL TAHUN AJARAN 2023/2024

PURBA, ILA CHRISTY, 2005030082 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 105268 TELAGA SARI KEC. SUNGGAL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text (Sampul)
Sampul logoooooo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak logo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)
[img] Text (Bab I)
Bab 1 logo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II logo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text (Bab III-V)
Bab III-V logo.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka logo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran logo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS pada materi makhluk hidup perlu dilestarikan, setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis genially (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS pada materi makhluk hidup perlu dilestarikan, setelah diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis genially (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaaan media pembelajaran berbasis genially terhadap hasil belajar IPAS materi makhluk hidup perlu dilestarikan peserta didik kelas IV SD 105268 Telaga Sari Kec.Sunggal Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 43 orang yang terbagi dalam dua kelas dan dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini adalah quasi ekperimental dengan desain Nonequialent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan esai berjumlah 5 soal dengan level kognitif C3.Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh (1) hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis genially materi materi makhluk hidup perlu dilestarikan diperoleh rata-rata 81,1 dengan kriteria tinggi, (2) hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis genially materi materi makhluk hidup perlu dilestarikan diperoleh nilai 70,2 dengan kriteria rendah, dan (3) ada pengaruh yang signifikan pengaruh yang signifikan penggunaaan media pembelajaran berbasis genially terhadap hasil belajar IPAS materi makhluk hidup perlu dilestarikan peserta didik kelas IV SD 105268 Telaga Sari Kec.Sunggal Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence of Genially Based Learning Media, Living Things Need to Be Preserved
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono Sembiring, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 891813002
Pembimbing IIDr. Gemala Widiayarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ILA CHRISTY PURBA
Date Deposited: 27 May 2024 07:51
Last Modified: 27 May 2024 07:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item