PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 101793 PATUMBAK T.P 2023/2024

BARUS, ANGELINA SHERLY BR, 2005030023 (2024) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 101793 PATUMBAK T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL ANGEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (425kB)
[img] Text
ABSTRAK ANGEL WATERMAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
BAB I ANGEL WATERMAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
BAB II ANGEL WATERMAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)
[img] Text
BAB III - V ANGEL WATERMAK.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANGEL WATERMAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN ANGEL WATERMAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode Diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 101793 Patumbak Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 101793 Patumbak Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang menggunakan metode diskusi dan siswa yang menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian ini menggunakan test dengan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 101793 Patumbak dengan jumlah populasi 54 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Diskusi, dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan metode Diskusi. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Diskusi di kelas IIIA memperoleh nilai 80, sedangkan yang tidak memakai metode Diskusi memperoleh nilai 67. Berdasarkan uji independen x2 hitung = 8,06811 dan x2 tabel = 5,99 maka untuk α = 0,05% dengan untuk distribusi maka X2 hitung > X2 tabel. Maka tolak H_0 dan H_1 diterima. Ada pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas III SDN 101793 Patumbak. Dengan demikian dapat dinyatakan metode pembelajaran Diskusi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IIIA SD Negeri 101793 Patumbak TP 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discussion methods, learning outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti,, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIRestio Sidebang,, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ANGEL SHIERLY BARUS
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:58
Last Modified: 22 Apr 2024 09:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item