PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SITEPU, YOSI FRANSISKA BR, 2005030005 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN DAN K. PENGANTAR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III,IV,V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui (1) gambaran hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry menggunakan media gambar pada materi klasifikasi jenis hewan (2) gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry tanpa menggunakan media gambar pada materi klasifikasi jenis hewan (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry menggunakan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi jenis hewan siswa kelas V UPT SD 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan test Ekperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan tes essay berjumlah 4 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh (1) hasil belajar IPA siswa kelas V-B mendapat nilai rata-rata 59,05 setelah dilakukan dengan model pembelajaran inquiry menggunakan media gambar pada materi klasifikasi jenis hewan diperoleh rata-rata 73,97.(2)hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry tanpa menggunakan media gambar pada materi klasifikasi jenis hewan 43,18 setelah dilakukan dengan model pembelajaran inquiry tanpa menggunakan media gambar pada materi klasifikasi jenis hewan mendapat nilai rata-rata 39,12 pada siswa kelas V UPT SD 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat dinyatakan media gambar pada pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Image Media, Learning Results
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pd.widiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YOSI FRANSISKA BR SITEPU
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:22
Last Modified: 24 Apr 2024 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item