OSKARI, YOLANDA PUTRI, 2005030208 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN TEMA GOTONG ROYONG DI DALAM KEBERAGAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (618kB) |
|
Text
BAB I YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (532kB) |
|
Text
BAB II YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (824kB) |
|
Text
BAB III-V YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (313kB) |
|
Text
LAMPIRAN YOLANDA PUTRI OSKARI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad bantuan media poster pada Mata Pelajaran PKn Tema Gotong Royong Di Dalam Keberagaman Pada Siswa Kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor T.A 2023/2024, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan media poster pada Mata Pelajaran Pkn Tema Gotong Royong Di Dalam Keberagaman Pada Siswa Kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor T.A 2023/2024, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bantuan media poster pada mata pelajaran PKn tema gotong royong di dalam keberagaman pada siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor T.A 2023/2024. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain pretest and posttest group design. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes kelas VA = 49, 6304 dan VB = 51,34. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas VA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bantuan media poster dan kelas VB dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa bantuan media poster maka diperoleh hasil rata-rata tes kelas VA = 86,5434 dan kelas VB = 79,38. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji t hasil belajar dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh t_hitung > t_tabel= 4,843 > 2,0128. Dari pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tpe STAD bantuan media poster ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, STAD Type Cooperative Learning Model, Civics Education | ||||||||||||
Subjects: | 100 Philosophy. Psychology. Religion > 101 Theory of Philosophy 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | YOLANDA PUTRI OSKARI | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 08:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 08:32 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2266 |
Actions (login required)
View Item |