PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SDN 060921 MEDAN T.P 2023/2024

NAIBAHO, ROSIN, 2005030105 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SDN 060921 MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Hasil belajar IPS tanpa menggunkan model kooperatif tipe STAD, Hasil belajar IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, Pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dan tanpa menggunakan tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimen berbentuk non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 060921 Medan T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar menggunakan essay. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model kooperatif yaitu 79.45. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif yaitu 90.18 (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan menggunakan model STAD dan tanpa model STAD yaitu hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas VA dan VB yaitu Thitung sebesar 3.55 dan nilai Ttabel sebesar 2.02, maka dapat dsimpulkan ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SDN 060921 Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD Model, Learning Outcomes, Social Studies Lessons
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 360 Social Problems and Services
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIDr. Eka Kartika Silalhi, M.PdEkartikasilalahi@gmail.comNIND. 0115098901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROSIN NAIBAHO
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:54
Last Modified: 25 Apr 2024 06:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item