PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 2 HUTA DAME T.A 2023/2024

SITANGGANG, MELIANA, 2005030088 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 2 HUTA DAME T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover (lemba pengesahan dll).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (168kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
BAB III, IV,V METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui kevalidan produk dalam pegembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame; (2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame, dengan sampel yang berjumlah 18 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah dengan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang pengembangan video pembelajaran materi Mengubah Bentuk Energi diperoleh nilai validasi dari ahli media yaitu 90%, dengan kategori sangat valid dan dari validasi ahli materi diperoleh 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan analisis data terhadap keefektifan oleh guru diperoleh 88% degan kategori sangat efektif dan analisis data keefektifan dari siswa kelas IV yaitu 91,49% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Learning Video, IPAS
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIRinci Simbolon, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MELIANA SITANGGANG
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:10
Last Modified: 26 Apr 2024 08:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item