SITANGGANG, MELIANA, 2005030088 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 2 HUTA DAME T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Cover (lemba pengesahan dll).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (168kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (383kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (470kB) |
|
Text
BAB III, IV,V METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (281kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui kevalidan produk dalam pegembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame; (2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Huta Dame, dengan sampel yang berjumlah 18 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah dengan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang pengembangan video pembelajaran materi Mengubah Bentuk Energi diperoleh nilai validasi dari ahli media yaitu 90%, dengan kategori sangat valid dan dari validasi ahli materi diperoleh 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan analisis data terhadap keefektifan oleh guru diperoleh 88% degan kategori sangat efektif dan analisis data keefektifan dari siswa kelas IV yaitu 91,49% dengan kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Learning Video, IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | MELIANA SITANGGANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:10 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2276 |
Actions (login required)
View Item |