PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 104219 TANJUNG ANOM T.A 2023/2024

SIHOMBING, ANGELIA REMI YANTI, 2005030026 (2024) PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN 104219 TANJUNG ANOM T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL ANGELIA TERBARU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
ABSTRAK ANGELIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
BAB 1 ANGELIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)
[img] Text
BAB 2 ANGELIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
BAB 3,4,5 ANGELIA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (698kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANGELIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN ANGELIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) untuk mengetahui minat belajar peserta didik tanpa menggunakan media pop-up book pada materi Metamorfosis Kupu-kupu di Kelas III SDN 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024, (2) untuk mengetahui minat belajar peserta didik dengan menggunakan media pop-up book pada materi Metamorfisis Kupu-kupu Kelas III SDN 104249 Tanjung Anom T.A 2023/2024, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar Siswa di Kelas III SD Negeri 104249 Tanjung Anom T.A2023/2024. Manfaat penelitian ini (1) Bagi peneliti, a) penelitian ini menjadi sebuah informasi dalam memilih media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai, b) Dapat membuat peneliti menjadi lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran pop-up book. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi peneliti. (2) Bagi siswa, a) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA di sekolah. b) Dengan adanya media pembelajaran siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran metamorfosis kupu-kupu. (3) Bagi guru , a) Dapat menjadi sumber informasi dalam merencanakan pembelajaran khususnya pembelajaran IPA, b) Dapat membuat guru lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran IPA. (4) Bagi sekolah, a) Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk memilih media yang cocok digunakan untuk pembelajaran. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan penelitian kuantitatif jenis penelitian Pre- eksperimen dengan desain one shot case study research design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 104219 Tanjung anom yang berjumlah 29 peserta didik dengan sampel penelitian yaitu seluruh populasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan nilai r = 0,53 taraf signifikan = 0,05 diperoleh 3,32 2,052. Adapun kesimpulan dari penelitian ini (1) Minat belajar siswayang diajarkan tanpa menggunakan media pop-up book pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis kupu-kupu di kelas III SDN 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024 memperoleh nilai rata-rata minat belajar 64,59 berkategorikan cukup baik; (2) Minat belajar yang diajarkan dengan menggunakan media pop-up book pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis kupu-kupu di kelas III SDN 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024 memperoleh nilai rata-rata minat belajar 78,75 berkategorikan baik; (3) Ada pengaruh yang signifikan media pop-up book sebesar 14,16 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis kupu-kupu siswa kelas III SDN 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024. Maka disimpulkan bahwa media pop-up book berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas III SD Negeri 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pop-up book media, interest in learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
UNSPECIFIEDIrwansyah, M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN.0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ANGELIA REMI YANTI SIHOMBING
Date Deposited: 03 May 2024 08:34
Last Modified: 03 May 2024 08:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item