PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GOTONG ROYONG DI KELAS II SDN 068005 MEDAN TUNTUNGAN

PELAWI, DEVI JUNIARTI BR, 2005030181 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GOTONG ROYONG DI KELAS II SDN 068005 MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVERR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (820kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN materi gotong royong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esai sebanyak 5 soal. Hasil rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh kelas II-A 82 yakni kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model jigsaw dan kelas II-B 71 yakni kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi dan digambarkan dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model jigsaw dan pembelajaran yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan x2hitung= 4,27 x2tabel =1,68 maka nilai x2hitung>x2tabel diterima H1. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PKN Materi Gotong Royong di Kelas II SDN Medan Tuntungan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Model, PKn Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078402
Pembimbing IIMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVI JUNIARTI BR PELAWI
Date Deposited: 27 Apr 2024 03:10
Last Modified: 27 Apr 2024 03:10
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item