PELAWI, DEVI JUNIARTI BR, 2005030181 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GOTONG ROYONG DI KELAS II SDN 068005 MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVERR.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (819kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (466kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (321kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (541kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (820kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (297kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN materi gotong royong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esai sebanyak 5 soal. Hasil rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh kelas II-A 82 yakni kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model jigsaw dan kelas II-B 71 yakni kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi dan digambarkan dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model jigsaw dan pembelajaran yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan x2hitung= 4,27 x2tabel =1,68 maka nilai x2hitung>x2tabel diterima H1. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PKN Materi Gotong Royong di Kelas II SDN Medan Tuntungan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw Model, PKn Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | DEVI JUNIARTI BR PELAWI | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2024 03:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2024 03:10 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2280 |
Actions (login required)
View Item |