PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

WINATA, MITA, 2005030188 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER_MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (561kB)
[img] Text
ABSTRAK_MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB I_ MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB)
[img] Text
BAB II_MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (518kB)
[img] Text
BAB III-V_MITA WINATA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN_MITA WINATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan pengembangan Bahan Ajar pada mata pelajaran IPA materi Siklus Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2024 pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A dengan jumlah 22 siswa dan kelas V B berjumlah 19 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B dengan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 98,61% dengan kategori “sangat valid”, serta keefektifan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa terhadap bahan ajar materi Siklus Air yang dikembangkan dengan nilai rata-rata 95,625% dengan kategori “sangat efektif”. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar materi Siklus Air yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai bahan ajar di sekolah khususnya pada materi Siklus Air.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development of Teaching Materials, Water Cycle, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIP.0025026706
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIP.0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MITA WINATA
Date Deposited: 08 May 2024 07:00
Last Modified: 08 May 2024 07:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item