PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PAPAN MUSI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL HOTS DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB DI KELAS IV UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SITEPU, ELSA APRIANTI BR, 2005030024 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PAPAN MUSI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL HOTS DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB DI KELAS IV UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (369kB)
[img] Text
ABSRTAK 12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (497kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (451kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (920kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan siswamenyelesaikan soal HOTS dalam menentukan KPK dan FPB yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media papan musi di kelas IVUPTSD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.2)Untuk mengetahui deskripsi kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS dalam menentukan KPK dan FPB yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah tanpa media papan musi di kelas IV UPT SD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis masalah dengan media papan musi terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS dalam menentukan KPK dan FPB di Kelas IV UPT SD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 47 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian inimerupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan tes essay berjumlah 4soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Hasil analisis datadan pengujian hipotesis diperoleh (1) kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media papan musi dalam menentukan KPK ddan FPB (2) kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan media papan musi dalam menentukan KPKddanFPB dan ada pengaruh yang dignifikan model pembelajran berbasis masalah dengan media papan musi terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS dalam menetukan KPK dan FPB kelas IV UPT SD 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musi Board Media, KPK dan FPB, Students ability to solve HOTS QUESTIONS
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDrs. HERYANTO, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
UNSPECIFIEDGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 01230986602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Elsa Aprianti Br Sitepu
Date Deposited: 02 May 2024 08:14
Last Modified: 02 May 2024 08:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item