PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 060841 MEDAN PETISAH TAHUN AJARAN 2023/2024

SILITONGA, NATASYA GLORIA, 2005030169 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 060841 MEDAN PETISAH TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (904kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran powerpoint berbasis animasi pada pembelajaran IPA kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran powerpoint berbasis animasi yang diuji melalui uji kevalidan dan uji kepraktisan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni wawancara dan angket. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SD Negeri 060841 Medan Petisah sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran powerpoint berbasis animasi adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validasi dari ahli materi memperoleh nilai presentase 89,58% dengan kategori sangat valid dan validasi dari ahli media memperoleh nilai presentase 87,5% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran powerpoint berbasis animasi yang dilakukan oleh guru wali kelas III memperoleh hasil nilai presentase 96% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh respon siswa kelas III SD Negeri 060841 Medan Petisah memperoleh hasil data nilai presentase 90,14% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint berbasis animasi layak digunakan dan diterapkan pada pembelajaran IPA kelas III karena telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Powerpoint, Animation, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, S.Pd.,M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd.,M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NATASYA GLORIA SILITONGA
Date Deposited: 02 May 2024 07:29
Last Modified: 02 May 2024 07:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item