KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PARDEDE, APRILIA GEOVANI, 1505010009 (2019) KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa dapat menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi, siswa dapat menentukan turunan fungsi aljabar dengan merasionalkan pecahan bentuk akar, menyelesaikan operasi hitung bentuk akar dan menyederhanakan bentuk akar. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI MIA SMA Negeri 15 Medan kecuali kelas unggulan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA yang terdiri dari enam kelas kecuali satu kelas unggulan diambil dua kelas sebagai sampel penelitian dengan cara cluster random sampling. Dua kelas sampel penelitian adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Untuk mengetahui kemampuan siswa dilakukan teknik analisis data dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together yaitu baik, kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional yaitu cukup, dan kemampuan siwa menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherlebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Type Cooperative Learning Model of Numbered Heads Together, Ability, The Derivative Function of Algebra
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDr. Tutiarny Naibaho, M.Pd-NIP. 196803061992032003
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:34
Last Modified: 23 Feb 2021 04:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item