PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

BARUS, RANI BR, 2005030197 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
BAB I RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
BAB II RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB)
[img] Text
BAB III - V RANI BR BARUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN RANI BR BARUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan R & D dengan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor.Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2024 pada semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A dengan jumlah 22 siswa dan kelas V B berjumlah 19 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B dengan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 97,22% dengan kategori “sangat valid”, serta keefektifan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa dengan nilai rata-rata 97,22% dengan kategori “sangat efektif”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada mata Pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat efektif dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran di sekolah khususnya pada materi Perubahan Wujud Benda.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Interactive Media, Canva Based Media,IPA
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIDN. 25026706
UNSPECIFIEDHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RANI BR BARUS
Date Deposited: 08 May 2024 07:04
Last Modified: 08 May 2024 07:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item