KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PHAIR SHARE DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GINTING, GELORIA EMENINTA BR, 1505010016 (2019) KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PHAIR SHARE DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (616kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (264kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share dan model pembelajaran konvensional dalam menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tigabinanga. Populasi penelitian siswa kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dengan jumlah 161 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan cara acak tanpa adanya kelas unggulan sehingga di peroleh sampel di kelas X MIPA-4 dan X MIPA-5 dengan masing-masing kelas berjumlah 32 dan 30 siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak tiga soal yang divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan nilai rata-rata 72,88 kemampuan siswa pada perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share dan nilai rata-rata 63,30 dengan menggunakan pembelajaran konvensional, serta kemampuan siswa menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share lebih baik dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Cooperative Learning Think Phair Share, Conventional Learning, Quasi Experiments, Triangle Comparison On Right Triangle
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Rusli Tarigan, M.Si-NIP. 195608061993031001
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikaan Matematika
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:44
Last Modified: 10 Dec 2020 01:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item